Serat Ti Garut (sajak sunda)


Ardi Mulyana H.

--kanggo pak boedi ismanto--

nincak galur,
nu sampulur lamun diulur
estu jait silaturohim nu dipihatur
nya atuh mugia galindengna liwat sajak ieu jadi dulur

Garut, 2011
 ·  · Bagikan · Hapus

Elmu Hirup (sajak sunda)


Ardi mulyana H.

peuting ieu,
lazuardi garut masih bisa seuri
sabab jalma sare dina waktuna
teu lain yen eta salah sahiji kaagungan-Na

hayu nyieun bulan dina waktu beurang
hyu nyieun panonpoe dina waktu peuting
teuleuman jeung talungtik ku hate
kuring moal loba cumarita:

samalangsa, burahay nu taya rupa
sinareng gumujeng mega nu ngagantung
di horison garut, naha?
sabab sajak ieu patingburusut

Garut, 2011

Pureleng Tenjona (sajak sunda)


Ardi Mulyana H.

estu,
kaasih miwah kasono
nu rongkah patingpuruluk
na hate, nya hate anjeun

kuring lain jumawa agul ku mangrupa sajak
lain,
lain kitu
sabab nu mana disebut sajak teh teu lian kalaras nu katebak angin

tingali, angin nu ceuyah teu daek ngajedog
nenjo manusa nu sangeunahna
laku lampah
nenjo jalan salah

Garut, 2011

Raheut (sajak sunda)


Ardi Mulyana H.

geus mah aya sabaraha mangsa
lila ka tukang
manusa laku lampah lir angin nu patingsareah
teu daek cicing

nya atuh naon bae nu dipikaemut?
salian lalampahan nu hade nu goreng
ulah rek bae nenjo kanu kamari
lamun mah matak raheut

har!
halodo nu taya datang
nambah pabaliut pikeun sewang-sewangan manusa
nu ceuk sabagian mah, teu mangrupa

Garut, 2011

Kamalir Hate (sajak sunda)


Ardi Mulyana H.

sajeroning hate
nu sajati lir malati nu mawa wawangi
nu mana kuring nenjo dina gawir
na tempat urang paamprok

tuh gening,
tina ieu sajak nu tumiba
heug bae kadieu tukuran
nya ku asih nu anjeun

Garut, 2011

Sinting (sajak sunda)

Ardi M. H.

Cacalahakan,
baranghakan dina beuteung nu pinuh
padahal,
galanangan patingrarabul di jalanan
na, tugening
nyeredet

di kota metropolitan
nu ceuk batur dunya nu patinggurilap
loba ingon-ingon nu hade rupa
teu lian, lampah jalma

jakarta, 2011

Parabel in Sky

Ardi M. H.

The first meeting,
since time fly to cloud
if somehere else nothing is nothing
never runing and play in the sky

in poem,
not parabel with beautiful word
but, just wind wild
from heart folk: me hungry now

our smile,
in front your ofice
open your eyes
looking: our living survive in strom

garut west java, 2011

Meski

Ardi M. H.

adakah yang kulupa?
sementara senja telah dipotong oleh seno gumira ajidarma
maka, yang tersisa adalah cita
cita akan hasrat lalu

adakah yang kulupa?
semenjak aku berangkat menuntut ilmu
di bandung sayang,
tunggulah aku di ruang tamumu itu

adakah yang kulupa?
seperti mega yang berduyun di atas tanah
mencengkram rindumu padaku
padahal, kau inginkan aku jadi imammu sekarang

adakah yang kulupa?
tentang yang kuingat:
"dua tahun tak lama sayang"
aku ingin seperti mereka: munsyi

garut, 2011

Patah

Ardi M. H.

Kau tahukah?
rindu bukan hanya milik para penyair!
pena sepertiku pun tahu
rindu itu sendiri adalah syair

tapi, ombak santolo di garut pun diam
melihat anak semata wayangnya menangis
dalam nyanyian
"banjir bandang"

garut, 2011

Nyanyian Bisu

Ardi M. H.

Dia tahu,
mereka belum makan
yang tidur bukan di dipan
tapi di emperan

perut mereka,
oh tuhan:
menyanyi musik keroncongan
melagukan orang buangan

adalah, warna ungu pucat
wajah mereka
oh tuhan,
warna itu: "kami lapar"

laksana panahnya karna
melesat menohok jejantung
tapi, mereka mati bukan karena itu
mereka mati karena duri

duri,
oh tuhan duri apakah?
duri rindu bibir sunyi
sunyi seperti rencana-Mu

garut, 2011

Tentang Wajah

Ardi M. H.

Dari langit,
warna biru turun
bersama lelah saat merebah
menolak jemu yang resah

ada wajah dari semburat lembayung
di barat
di balik gunung guntur
di garut asa melantur

seperti wajah,
dari sekam tungku yang mengerdip
dari rona sendu gemulai citra
seperti kau

juga kita seperti belah bumi
di musim gugur daun layu di tanah ini
manis dan tumpur
seperti wajah,

peluh kelakar
bocah busung lapar yang duduk
diam sunyi
seperti sunyi tempat puisi ini lari

garut, 2011

Jorojoy Asih (sajak sunda)

Ardi Mulyana H.

Jungjunan,
nu nganti kuring saban mangsa
ngapak awak ka angkasa

sabab, kuring rek indit sakola deui
di bumi siliwangi
di paris van java salila dua taun
neangan pangarti pikeun sarerea
mibanda elmu basa

naon atuh bedana kaasih kuring jeung salira?
nu aya mung burahay bulantok,
kawas bulan sagede batok

kuring teu weuleh nanya, "sono teu ka kuring?"

seah deui,
angin ngadalingding nebak rambut salira,
duh jungjunan, hayu urang nyukcruk carita cinta

garut, 2011

Di Handapeun Gunung Guntur (sajak sunda)

Ardi Mulyana H.


Rumentang deui carita kinasih
nu hojahna panonpoe rek surup
galindengna sora cai maturan urang na paamprok di handapeun Gunung Guntur

kolebat,
raga nu diteang
sampulur nu taya kacipta

seah, angin lalumpatan nebak kalakay
pare oge jaipongan kalawan bangkong uwok-uwokan

nu teu kungsi lila
jadi kaasih kuring
nu datang ti masing-masing ati
keun anteup,
asih urang sina ngahiji

garut, 2011

PENDIDIKAN DAN BEBERAPA ASPEK DI DALAMNYA



Ardi Mulyana H.


A.     Pengantar
Sebelum lebih jauh, mari kita cerna, apakah pendidikan itu? Di sini perlulah kiranya diterangkan mengenai dua istilah, yaitu paedagogie dan paedagogiek. Paedagogie artinya pendidikan, ssedangkan paedagogiek berarti ilmu pendidikan (Purwanto, 1998: 3). Sejak zaman dahulu para filsuf meramalkan tentang pendidikan jauh-jauh ke depan. Hal ini dapatlah dimaklumi karena pendidikan tidak hanya berjalan statis dalam suatu kurun waktu tertentu saja (sinkronik). Akan tetapi pendidikan itu berubah mengikuti perkembangan zaman ke zaman (diakronik). Dengan kata lain pendidikan itu dinamis. Selalu berubah dan berubah menuju ke arah yang lebih baik. Pendidikan merupakan salah satu sarana untuk mengubah serta membentuk pola pikir masyarakat akan betapa luasnya perhelatan segala aspek kehidupan. Membantu manusia menyelesaikan beberapa problema yang ada. Baik secara sosial, ekonomi, politik, budaya, bahasa, psikologi, serta beragam hubungan antarmanusia. Dengan kata lain peran pendidikan boleh diibaratkan sebagai air hujan ketika kemarau tiba. Pendidikan hadir karena manusia sendiri membutuhkannya. Dengan pendidikan, manusia mempunyai otak untuk didayagunakan sebagai acuan dalam menyikapi hal yang ada. Oleh karena itu, sebagai salah satu unsur terpenting yang ada dalam kehidupan, pendidikan tidak boleh berjalan di tempat. Manusia berusaha keras untuk terus berpikir sehingga terjadilah apa yang dinamakan dengan “dinamisme pendidikan.” Dalam Dictionary of Education, pendidikan sendiri diartikan (a) proses di mana seseorang mengembangkan kemampuan, sikap dan bentuk-bentuk tingkah laku lainnya dalam masyarakat di mana ia hidup, (b) proses sosial di mana orang dihadapkan pada pengaruh lingkungan yang terpilih dan terkontrol, sehinggga mereka dapat memperoleh dan mengalami perkembangan kemampuan sosial dan kemampuan yang optimum.

B.      Pendidikan yang  Direncanakan
Sejatinya, segala sesuatu memerlukan sebuah perencanaan yang matang agar apa yang diharapkan berjalan dengan hasil yang seberupa tujuan yang diinginkan. Begitu pula mengenai pendidikan yang memerlukan sebuah perencanaan. Pada hakikatnya  perencanaan adalah suatu rangkaian kegiatan menyiapkan mengenai apa yang diharapkan terjadi dan apa yang akan dilakukan (Syaefudin Sa’ud dan Makmun, 2009: 3-4). Apalah artinya segala sesuatu hal tanpa adanya perencanaan. Semuanya akan menjadi buram dan kabur tak jelas. Ini juga jelas berlaku bagi pendidikan. Pasalnya perencanaan dalam pendidikan adalah hal yang tak bisa ditawar lagi. Mengingat pendidikan selalu dinamis dan berkembang dalam kurun waktu tertentu (1, 3, 5, 10, 20, 40, dan 50 tahun selanjutnya) yang akan datang. Pendidikan merupakan suatu hal yang kompleks. Baik dari hal konsep manajemen, administrasi, proses, isi, kurikulum, tujuan, peserta didik, monitoring, evaluasi, dan sebagainya. Hal tersebut sekian dari beberapa elemen yang ada dalam pendidikan serta harus memerlukan perencanaan yang matang untuk menyelesaikannya secara lugas dan tepat. Para ahli pun telah ramai berpendapat mengenai kebermaknaan perencanaan dalam pendidikan tersebut. Di antaranya.
1.      Menurut Prajudi Atmosudirdjo perencanaan adalah perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam mencapai tujuan tertentu, oleh siapa, dan bagaimana (Abin, 2000 via Syaefudin Sa’ud dan Makmun, 2009).
2.      Perencanaan dalam ari seluas-luasnya tidak lain adalah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu (Bintoro Tjokroamidjodjo, 1977 via Syaefudin Sa’ud dan Makmun, 2009).
Beberapa pendapat di atas tidak dimaksudkan untuk membingungkan. Akan tetapi sedikitnya diharap mampu menerangjelaskan mengenai betapa harusnya konsep tentang perencanaan dalam pendidikan. Seperti halnya sebuah acara, jika tanpa adanya perencanaan, mungkin acara tersebut bisa bubar. Hal tersebut yang dijaga oleh para ahli pendidikan. Oleh karenanya perencanaan hadir sebagai harga mutlak. Adapun fungsi perencanaan adalah: (a) sebagai pedoman sumber daya, (b) menghindari pemborosan sumber daya, (c) alat bagi pengembangan quality assurance, dan (d) upaya untuk memenuhi accountability kelembagaan (Syaefudin Sa’ud dan Makmun, 2009: 5).

C.      Inovasi dalam Pendidikan
Inovasi berarti menemukan hal yang baru (lihat konsep dinamis di atas). Segala sesuatu yang baru bolehlah disebut inovasi asalkan bersifat konstruktif. Namun dalam mengenai inovasi pendidikan, di sini harus dibedakan tentang diskoveri, invensi, dan inovasi. Berikut akan disajikan secara sederhana mengenai pengertian-pengertian di atas.
1.      Diskoveri  adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, tetapi belum diketahui orang.
2.      Invensi adalah suatu penemuan sesuatu yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia.
3.      Inovasi ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupuin diskoveri (Syaefudin Sa’ud dan Suherman, 2006: 2).
Jadi, menyoal pembaharuan di dalam pendidikan memanglah bukan barang baru lagi. Namun dalam hal membarukan, jalan berliku masih tampak merintang dengan jelas. Seperti halnya sarana dan prasarana yang kurang merata antardaerah. Ketimpangan sosial serta perkembangan teknologi informasi yang sangat ketinggalan (dalam hal ini pemerintah mencanangkan program “internet masuk desa”). Oleh karena itu, diperlukan adanya peran sera masyarakat untuk mengawasi serta membantu segala hal yang berbau inovasi demi majunya pendidikan. Hal ini adalah tantangan bagi kita semua. Sudah barang tentu ini merupakan fenomena sosial. Sebetapa peliknya pendidikan pasti sedikitnya mempunyai imbas terhadap perkembangan bangsa, sosial, politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya. Maka dari itu inovasi pendidikan adalah jawabannya.



D.     Budaya Literasi
Pendidikan diniati untuk mengubah dan membentuk peradaban anak bangsa. Dan jika berbicara tentang pendidikan. Itu semua tidaklah lepas dari “budaya literasi.” Hal tersebut merupakan suatu keharusan. Dan ini berkaitan dengan caturtunggal keterampilan bahasa. Yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Menyimak dan berbicara kita pelajari sebelum memasuki sekolah, sedangkan membaca dan menulis dipelajari di sekolah (Tarigan, 2008: 1). Menyimak dan membaca termasuk reseptif, karena sifatnya menyerap. Sedangkan berbicara dan menulis termasuk poduktif, karena sifatnya menghasilkan. Dan setiap keterampilan itu erat sekali berhubungan dengan proses-proses berpikir yang mendasari bahasa. Bahasa seseorang mencerminkan pikirannya. Semakin terampil seseorang berbahasa, semakin cerah dan jelas jalan pikirannya (Tarigan, 2008: 1). Keempat keterampilan tersebut mempunyai pola reseptif-produktif. Dengan kata lain menyerap sekaligus harus menghasilkan. Dewasa ini, perkembangan pendidikan sudah sangat pesat. Namanya juga pendidikan tidaklah lepas dari penyerapan pengetahuan. Dan bagaimana cara mencarinya? Ya, itu tadi, baca. Akan tetapi mereka yang tidak menulis—hanya membaca saja—berupaya pintar untuk dirinya sendiri tapi melupakan khalayak. Mereka itu layak disebut ilmuwan asosial (Alwasilah, 2007: 59). Dengan kata lain, keempat keterampilan itu haruslah disinergikan agar menunjang “budaya literasi” masyarakat (pendidikan).

E.      Memensiunkan Otak, Mau Dibawa ke Mana?
Bertolak dari hal di atas bahwa untuk meningkatkan produktivitas pendidikan. Segenap warganya haruslah berbudaya “baca-tulis” dan jangan saja “dengar-ucap”. Apalagi para sarjana-sarjana yang terdidik haruslah produktif dalam menulis. Bangsa Indonesia yang sejak kecil melalui pendidikan dan lingkungan dididik supaya praktis dan pragmatis menganggap bahwa membaca buku itu secara umum tidak memberi manfaat apa-apa kepadanya. Buang waktu (Ajip Rosidi 2001: 50 via Alwasilah, 2007: 217). Dan jangan menjadi “sarjana salon” (kredo Prof. Amin Rais). Jangan sampai pula orang yang berpendidikan tinggi, katakanlah sarjana, produktivitasnya rendah. Dan sebaliknya lulusan SD atau yang tak mengenyam pendidikan memiliki produktivitas yang tinggi (Alwasilah, 2007). Itu semua bergantung pada diri mereka masing-masing. Apakah memensiunkan otak atau otak yang pensiun sebelum waktunya? Mau tidak mau, para lulusan (sarjana) mempunyai peran dalam usaha meningkatkan pendidikan ke arah yang lebih baik. Baik secara kualitas maupun kuantitas. Baik formal maupun informal. Jadi, mau dibawa ke mana?

F.       Masyarakat Wacana sebagai Praktisi Pendidikan
Bagi sebagian masyarakat yang menggeluti dunia pendidikan adalah wakil dari suatu kesatuan dalam masyarakat tersebut. Baik mewakili tingkat lokal, regional, dan nasional. Semuanya diharap mampu bertanggung jawab terhadap kebijakan-kebijakan mengenai penyelenggaraan pendidikan bagi masyarakatnya (meskipun seluruh lapisan masyarakat merupakan penanggung jawab terhadap pendidikan). Hal tersebut bertolak berdasarkan pencapaian kualitas (quality achievement). Kualitas inilah yang kelak mempengaruhi elemen-elemen kehidupan yang ada dalam masyarakat. Berdasarkan hal tersebut seluruh lapisan masyarakat wajib berpartisipasi guna mendorong serta mengawasi dari belakang (lihat konsep Tut Wuri Handayani). Jadi semuanya ikut bergandengan tangan dalam mengantarkan serta mau di bawa ke mana pendidikan di negara kita. Ya bergantung kepada kita. Dalam konteks kewarganegaraan, pendidikan perlu terus-menerus dipermantap (self-reinforcing). Agar apa yang disebut “mendongkrak SDM” bisa terus dikreasikan sebagaimana yang telah direncanakan melalui pendidikan. Wacana masyarakat sebagai praktisi pendidikan tiada lain adalah sebagai wujud lain dari sebuah perencanaan. Mungkin kita bertanya-tanya di dalam hati mengenai konsep ini. Akan tetapi janganlah khawatir. Semuanya bisa terjawab pada kondisi riil yang ada di lapangan. Bahwa kita sekarang bukan lagi menekankan kualitas, tetapi condong terhadap kuantitas (ini bukan lantas mengecilkan arti kuantitas). Antara kualitas dan kuantitas harus diselaraskan agar tidak terjadi ketimpangan yang bisa menghambat laju dari pendidikan tersebut. Oleh karena itu, masyarakat harus mempunyai kekuatan untuk mengontrolnya (people power of control).

G.     Refleksi Akhir
Adalah tugas berat bagi kita semua ketika berhadapan dengan zaman yang serba cepat ini. Maka dari itu, kita selaku masyarakat bangsa ini haruslah memiliki tekad kuat dalam membentuk karakter. Oleh karena itu, pendidikan adalah jawabannya. Pendidikan yang mana? Ya sudahlah, seperti pada paparan di atas. Tentulah kita masih bisa bersikap dewasa dan kritis dalam menyikapi fakta di lapangan. Dan dengan kita menerima hal yang baru haruslah bersikap hati-hati. Karena tidak segala hal yang bersifat baru itu bersifat konstruktif. Dengan kata lain, pendidikan bisa memilah dan memilih mana yang baik dan buruk. Dengan demikian, kesatuan gagasan dalam membangun budaya bangsa ini tergantung pada kita. Kalau bukan kita, siapa lagi?

Daftar Bacaan
Alwasilah, A. Chaedar. 1997. Politik Bahasa dan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Alwasilah, A. Chaedar dan Senny S. Alwasilah. 2007. Pokoknya Menulis. Bandung. Kiblat.
Gunardi, H. Thamrin dan Wijaya, Juhana. 1997. Perkembangan Pendidikan di Jawa Barat. Bandung. Armico.
Koentjaraningrat. 1983. Manusia dan kebudayaan di Indonesia. Jakarta. Djambatan.
Koentjaraningrat. 1990. Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia.
Purwanto, M. Ngalim. 1998. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sa’ud, Udin Saefudin dan Suherman, Ayi. 2006. Inovasi Pendidikan. Bandung. UPI Press.
Sa’ud, Udin Saefudin dan Makmun, Abin Syamsuddin. 2009. Perencanaan Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung. Angkasa.

Hembus Napas Akhir di Ujung Senja



Hembus Napas Akhir di Ujung Senja

Oleh Ardi Mulyana Haryadi

            Pagi itu matahari menyinari kapal gagah dengan persenjataan rudal permukaan-ke-permukaan aerospatiale MM-38 Exocet : 4 pucuk (2 x 2). Serta Meriam Bofors 57 mm/70 : 1 pucuk, kecepatan tembakan 200rpm, berjangkauan maksimum 17 km (9,3 mil laut) dengan berat amunisi 2,4 kg, anti kapal, pesawat udara, helikopter, rudal balistik, rudal anti kapal, berpemandu tembakan Signaal WM28. Semua menempati penjuru kapal yang terlihat gagah di atas kapal perang Republik Indonesia, ya KRI Adipati namanya di bawah Komando Armada Barat dengan nomor lambung 814, kapal perang jenis  perusak kawal berpeluru kendali yang mutlak diperlukan dalam operasi pertempuran di laut.
Hari serasa bersemangat seperti deru mesin kapal yang tengah beranjak memanas! Tentara angkatan laut yang menjadi awak kapal  calon kesuma bangsa yang bersiap dalam menjaga keutuhan Republik Indonesia. Indonesia,  negara yang indah nian bak sebuah mutiara terhampar di antara relung-relung tanah selembut sutra yang kaya dengan segala karunia Tuhan seakan memacu derasnya pembuluh darah para tentara untuk menjaganya sampai hembusan nafas terakhir. Ya, semangat Nasionalisme mereka tidak perlu diragukan lagi, semangat mereka kuat laksana semangat matahari terangi alam ini. Sekuat suara lantang sumpah Sapta Marga untuk berbakti terhadap ibu pertiwi asri nan permai. “Tabah Sampai Akhir “ ya, itu perinsip mereka awak KRI Adipati.
 Terlihat seorang Letnan Kolonel Masturi, Komandan KRI Adipati yang berambut cepak berseragam putih berdiri di ujung  haluan yang lengkap dengan atribut kepangkatannya sedang memantau luasnya hamparan samudra. Tak lama berselang datang Kapten Marwoto perwira navigasi tempur menghampirinya dengan sedikit napas setengah terengah-engah. “Lapor  Komandan, harap memberi komando, mesin sudah memanas siap untuk melaksanakan tugas mulia menjaga negara” katanya. Dengan penuh wibawa sang Letkol berbicara pada anak buahnya. “Kapten, segera siapkan serta kumpulkan awak kita di dek kapal dengan senjata lengkap dan perintahkan kepada perwira bagian amunisi Letda Mulyana untuk mempersiapkan seluruh persenjataan kapal ini dengan lengkap” kata komandan. Jawab Kapten Marwoto, ”Siap perintah dilaksanakan.” Tidak lama berselang seluruh awak kapal telah berkumpul. Sang komandan yang berdiri di bawah kibaran Merah Putih berbicara lantang ”Wahai seluruh calon kesuma bangsa, hari ini kita akan berangkat mempertahankan kedaulatan Indonesia dari serangan bangsa lain yang telah lancang mengusik kedaulatan  Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai ini. Di tengah samudra nanti, kita akan berperang menghadapi armada laut musuh, marilah kita sejenak merenung dan berdoa kepada  Tuhan semoga kita diberi kemudahan serta syahid, berdoa dimulai” perintah sang komandan. Terlihat tegar para awak kapal dengan keringat mengucur di dahi salah seorang awak kapal. Tak lama selesai berdoa, sang komandan menerima kabar dari Panglima Komando Armada Barat di bawah komando mabes TNI untuk segera berangkat menghalau kapal perang musuh pada 200 mil laut perairan barat bersama KRI-KRI lainnya dalam formasi tempur dengan sandi yuda “Gemuruh Samudra.”. Kapten Marwoto berteriak agar semua bersiap menuju tempat tugas masing-masing  “Komando siap sedia, dua menit menjelang pemberangkatan” lalu seluruh awak kapal menempati posisi masing-masing.
            Mayor Atmaja selaku nakhoda kapal menyalakan sirine tanda kapal mulai berangkat. Letkol Masturi duduk satu tingkat di atas kursi Mayor Atmaja agar sang komandan bisa memandang luasnya samudra medan pertempuran di dalam ruang kendali kapal. Kemudian Letkol Masturi menerima pesan dari istrinya yang berisi “Ayah, istrimu ini sedang mengandung anak pertamamu, berjanjilah untuk pulang dan menang, aku sangat mencintaimu.” Lalu Letkol Masturi membalas pesan dari istrinya sembari menyeka air matanya, “Ibu, tabahkan hatimu itu, ayah mendapat tugas mulia, jika sampai ayah tak kembali pulang, ceritakan pada anak kita bahwa ayahnya adalah seorang perwira laut yang gagah berani.” Sesudah mengharu biru suasana tersebut Kapten Marwoto sudah bersiap di posisinya bagian navigasi tempur KRI Adipati. Berselang kapal sudah berjalan maju membelah laut seperti Arjuna maju dalam bratayuda membawa panah melawan Adipati Karna.
“Kapten, sudah terlihatkah dalam radar kapal musuh? Tanya Letkol Masturi. “Belum komandan, musuh belum terlihat” jawab Kapten Marwoto. Awak kapal yang telah menempati posisi masing-masing terlihat tabah menunggu perintah Letkol Masturi selaku komandan kapal.
Terlihat empat tentara Kelasi Satu dan Kelasi Dua yang bermandikan sinar surya mengoprasikan rudal jarak dekat yang tetap tabah dalam tugasnya. Di bagian belakang kapal lima tentara berdiri mengoprasikan senapan anti-kapal terbang bersiaga penuh keberanian. Lima tentara operator meriam utama yang tugasnya mengisi amunisi meriam kelihatan sedang  berdoa. KRI Adipati terus melaju dengan gagahnya membelah ganasnya samudra. Setelah sekian lama melaju Mayor Atmaja berteriak “Komandan! Itu kapal musuh”, kapal perang musuh keluaran terbaru berjenis korvet kelas sigma dan berteknologi beberapa tingkat di atas KRI Adipati milik Indonesia.  Sontak Letkol Masturi segera memerintahkan siap kepada awaknya seraya di iringi sirine tanda bahaya. “Peran tempur; peran tempur; peran tempur” Letkol Masturi memberi kabar ke Armada Barat.
            Saat itu hamparan samudra yang lenggang dan tenang berubah seketika bagai gemuruh air ketika hujan deras karena manuver senjata masing-masing. “Prajurit siaga di tempat masing-masing” kata sang komandan. Kapten Marwoto dalam radar melihat kapal musuh berada pada jarak sekitar 2 km. Terhenyak sang komandan melihat  musuh menembakan rudal permukaan-ke-permukaan. Letkol Masturi berkata “Tangkis segera seraya lancarkan serangan balasan dengan satu torpedo AEG SUT.” Kapten Marwoto sebagai navigasi tempur segera memberikan koordinat kepada operator torpedo, “ 56 LU, 25 BT luncurkaan” teriaknya. Di permukaan laut terlihat 1 buah rudal di hadang oleh satu torpedo dari KRI Adipati sebagai tangkisan serta serangan balasan dan rudal tersebut berhasil dihadang.
Dhuaarrrrrrr…. Suara menggelegar akibat tangkisan berhasil sesuai target. Jarak kedua kapal semakin mendekat seiring hari semakin siang, pertempuran tersebut ibarat Arjuna melawan Adipati Karna karena sama-sama kuat walaupun KRI Adipati kalah ukuran dan teknologi, tapi itu semua tidak menyurutkan semangat para tentara kita. Para awak sebagian saling tembak memakai senapan oerlikon 20mm/70, masing-masing korban pun mulai berjatuhan di kedua belah pihak. Tak lama sang komandan memerintahkan ”Luncurkan meriam utama yang dua buah” dua operator meriam langsung mengarahkan tembakan ke arah musuh. Rentetan tembakkan keluar dari meriam bofors 57 mm/70 menuju musuh. Kapal musuh kelabakan karena KRI Adipati mengecoh kapal sekutu dengan taktik  memutar sambil menembak, tak kalah sampai di sini, musuh menyerang serta menangkis dengan intensitas tinggi sehingga KRI Adipati terkena pada sisi lambung, Mayor Atmaja segera menghindar tapi tetap mengenai sisi lambung kapal, pada keadaan terdesak seperti itu komandan berkata “Segera siapkan semua torpedo AEG SUT yang kita miliki dan tembaaaaaaaak” teriak komandan. Semua awak yang menjadi operator senjata segera mematuhi perintah sang komandan. KRI Adipati yang tidak lama lagi akan tenggelam segera memuntahkan segala amunisi yang dimilikinya. Tetapi meskipun berada pada jarak dekat serangan dari KRI Adipati bisa di tangkis musuh. Hari semakin senja, KRI Adipati kehabisan amunisi, yang ada hanya para tentara Indonesia saling tembak dengan senapan. Senja semakin merona, kapal musuh berada di atas angin karena KRI Adipati akan segera tenggelam. Letkol Masturi memberi perintah ”Tabrakan kapal ini segera dan para awak bersiap untuk gugur” dengan sisa tenaga akhir KRI Adipati melaju dengan kekuatan penuh. Letkol Masturi, Mayor Atmaja, Kapten Marwoto serta seluruh awak kapal tersenyum seranya berdzikir karena akan gugur dalam pertempuran itu. Tapi sebelum KRI Adipati mengenai kapal musuh untuk ditabrakan,  sebuah rudal balistik berhulu ledak 250 kg sudah terlihat menuju geladak KRI Adipati dan “ Buuuuuummmmmmm” suara menggelegar pertanda KRI Adipati hancur lebur meski tak lama kapal musuh pun tenggelam telak terkena rudal permukaan-ke-permukaan aerospatiale MM-38 exocet berhulu ledak 165 kg amunisi terakhir dari KRI Adipati.

Epilog
            Mereka semua awak KRI Adipati sah menjadi kesuma bangsa yang gugur pada hamparan samudra di senja hari citranya semerbak mewangi tertanam dalam sanubari rakyat Indonesia sesuai dengan prinsip mereka Tabah Sampai Akhir”.
Senandung Amunisiku
Kesuma bangsa, tanpa peluru engkau jadi apa, dengan sedikit tenaga  kou baktikan darahmu itu yang mengalir sederas tangis ibu pertiwi di malam hari, renung suci menggugah jasa baktimu seindah bunga melati menguncup memekar di pagi hari, hanya meriam lusuh yang kou punya, tapi mampu menembakkan pengabdian tiada tara kepada ibu pertiwi, lihatlah pengorbananmu mendarah daging dalam qalbu sesejuk embun menetes pada kulit insan yang terluka, semangatmu laksana gemuruh ombak yang menerjang segala aral, jasamu tak akan hilang terhapus waktu karena selalu tertulis abadi dalam hati

Walaupun begitu Indonesia masih memiliki semangat para awak KRI-KRI Adipati lainnya yang diharapkan semangat itu kita semua yang memilikinya. Amin
***



Jalasveva Jayamahe
                                                           
KRI Ki Hajar Dewantara
Spesifikasi pada cerita fiksi di atas adalah sebagian dari spesifikasi KRI Ki Hajar Dewantara dengan no lambung 364.

Cerita fiksi sederhana  ini saya dedikasikan untuk mengenang jasa besar para pahlawan yang gugur di medan pertempuran (laut Aru) demi membela Tanah Air agar sedikitnya bisa menggugah kembalinya  rasa NASIONALISME kita. Jayalah Indonesiaku. Jalasveva Jayamahe.


Catatan: Cerpen ini seperti yang saya sampaikan pada Dr. Abdul Hasim untuk tugas Apresiasi Prosa Fiksi dengan beberapa perubahan--sewaktu saya masih kuliah.




Hermeneutik Prosa Fiksi pada Cerpen “Kenangan” karya Korrie Layun Rampan

Hermeneutik Prosa Fiksi pada Cerpen “Kenangan” karya Korrie Layun Rampan

Ardi Mulyana H.


I.                    Unsur Intrinsik

A.      Latar (setting)
Latar atau setting yang terdapat pada cerpen “Kenangan” karya Korrie Layun Rampan ini bisa dikategorikan sebagai latar yang bersifat psikologis serta fisikal. Berdasarkan kategori tersebut maka latar dalam cerpen “Kenangan” dapat diidentifikasikan sebagai berikut.
1.      Sanatorium
Sanatorium merupakan peristirahatan untuk menyembuhkan orang yang berpenyakit tertentu. Seperti tampak pada kutipan berikut ini.
…”Tak baik terlalu banyak melamun, Sri. Hari telah gelap. Nanti ditegur suster…
Ada kehampaan yang tiba-tiba menyeruak datang melanda dadaku. Kini aku terdampar di tempat ini. Di sanatorium ini. Kematian mas Heru sehari sebelum hari pernikahan kami, dan kematian kedua orang tua kami saat tepat hari pernikahanku membuat dadaku menjadi ringkih. Duka yang menyekat dalam hidupku membuat hidupku jadi berantakan…”

B.      Latar Psikologis
Dalam mendeskripsikan latar psikologis cerpen ini. Di bawah ini mencoba untuk diungkapkan.
1.      Senja Hari
Laksana harapan yang mulai menipis. Senja hari menjadi latar psikologis dalam cerpen ini kala Sri sedang berdialog dengan kenangan-kenangan yang mungkin pahit dalam dirinya. Sri melamuni kejadiankejadian silam yang membuatnya terpusuk secara psikologis. Dengan kata lain, masa lalunya membuat ia terpaksa harus beristirahat di sanatorium.

C.      Penokohan dan Perwatakan
Tokoh-tokoh dalam cerpen ini dapat diidentifikasi berdasarkan dua kategori yakni tokoh utama dan tokoh tambahan.
1.      Tokoh Utama
Tokoh utama dalam cerpen “Kenangan” ini yaitu Sri. Ia mendapatkan perhatian yang besar dalam cerpen ini karena dominasinya dalam jalur utama cerita ini. Ia pun tokoh yang muncul dengan dialog-dialog yang penuh kemisterian ketika ia sendiri bermonolog dengan masa lalunya. Yang seakan Mas Heru (calon suaminya yang meninggal sehari sebelum hari pernikahannya) itu masih hidup. Dan kenangannya seakan jelas menyayat hatinya Sri.
Untuk itu berikut kutipannya.

“Cinta itu saling memahami,” kata Mas Heru suatu kali.
“Dengan perasaan yang bergelora, begitu?? Aku bertanya.

Dialog-dialog dalam kenangan Sri begitu penuh rasa syahdu.

“Bersama Mas Heru hidupku memang selalu penuh harapan. Penuh bunga. Penuh kisah dan cerita. Penuh rancangan. Selalu ada hari. Selalu ada waktu. Selalu penuh suka. Walaupun sering kami berselisih paham. Tetapi semuanya dapat diselesaikan dengan saling pengertian.
‘Tiga hari lagi, tiba pernikahan kita. Dik Sri harus hati-hati…’ Mas Heru mengingatkan aku. ‘Jangan sampai…’
‘jangan sampai apa?’
‘Jangan sampai terjadi apa-apa dengan dirimu.’
‘Juga Mas Heru.’
‘Juga aku..”
Di sini Mas Heru mengingatkan Sri agar selalu berhati-hati karena tiga hari lagi akan menikah. Akan tetapi kenyataan berkata lain, Mas Heru meninggal sehari sebelum hari itu datang. Dan keesokan harinya kedua orang tuanya ikut meninggal.
2.      Tokoh Tambahan
Tokoh tambahan dalam cerpen ini adalah Surti. Berikut kutipannya.
“Jangan banyak melamun Sri…’ suara Surti mengagetkanku’
‘Aku memikirkan anakku…’
‘Anak?’
Tentu Surti tak bisa membayangkan anak. Karena ia belum mempunyai suami. Apalagi hamil dan beranak.”
3.      Perwatakan
a.      Dalam cerpen ini tokoh protagonis jatuh kepada Surti.
b.      Sedangkan antagonis dalam cerpen ini tersirat kepada situasi beban mental yang dihadapi Sri.
D.     Alur (plot)
Dalam sebuah karya sastra (cerpen) alur merupakan suatu susunan kejadian-kejadian yang tersusun dengan logis. Dan di dalam cerpen ini pun mempunyai tahapan-tahapan tertentu seperti eksposisi, komplikasi, konflik, klimaks, revelasi, dan konklusi.
1.      Eksposisi, yakni tahapan dimulainya suatu cerita. Ibaratnya gerbang masuk. Seperti pada kutipan di bawah ini.
“Matahari telah terjatuh di atas bukit. Warna kungingnya yang tadi seperti melukiskan bianglala di atas dedaunan dan hamparan sawah, kini telah berubah menjadi jingga yang pupus”
….
2.      Komplikasi dan konflik, yakni suatu tekanan-tekanan yang berkembang menjadi sebuah konflik. Seperti pada kutipan di bawah ini.
….
“Tapi hidup tak berhenti pada cinta?’
‘Jika hidup berhenti, hidup itu sudah mati.’
‘Mati?’
‘Setiap yang hidup selalu bergerak. Cinta pun bergerak. Cintalah yang mengerakkan kehidupan.’
‘Jadi cinta bukan hanya bersifat jasmani?’
‘Ada yang jasmani. Ada yang rohani. Kekuatan cinta yang bersifat jasmani dan rohani harus seimbang.’
‘Seimbang?”

3.      Klimaks, yakni puncak dalam suatu cerita. Seperti kutipan di bawah ini.

“Apa artinya dunia?’
‘Seluruh yang ada punya dunia. Makhluk hidup atau mati sama-sama punya dunia sendiri-sendiri. Punya misteri masing-masing. Dunia artinya kehidupan…’
4.      Revelasi, terbukanya tabir cerita yang mendasar. Seperti pada kutipan di bawah ini.

“Setiap orang harus mencari dan kemudian memilih. Dalam perkawinan, pilihan harus yang terakhir. Apakah yang pertama dan terutama, tetapi yang pasti, haruslah yang terakhir, dan hanya satu. Dari situ akan muncul suata kesatuan.’
“Tetapi lelaki punya sifat cepat bosan, dan karena lelaki lebih merdeka, seringkali lelaki lupa pada sumpah setia”
5.      Konklusi, yakni penyelesaina cerita yang berupa rasa senang, sedih, dan lain sebagainya. Seperti kutipan di bawah ini.

“Ada kehampaan yang tiba-tiba menyeruak datang melanda dadaku. Kini aku terhantar di tempat ini. Di sanatorium ini. Kematian Mas Heru sehari sebelum pernukahan kami, dan kematian kedua orang tuaku saat tepat hari pernikahanku membuat dadaku menjadi ringkuh…”

E.      Sudut Pandang (point of view)
Sudut pandang merupakan cara sebuah cerita dikisahkan. Dan sebagai cara atau pandangan yang dipergunakan oleh sang pengarang. Dan di dalam cerpen ini, pengarang menempatkan dirinya sebagai sudut pandang persona pertama “aku” (first-person point of view). Pengarang adalah seorang yang ikut terlibat dalam cerita ini. Seperti kutipan di bawah ini.

“Aku jadi sama sekali tak berarti setelah aku berusaha untuk member arti kepada hidupku. Aneh rasanya. Apa yang kuidamkan bahkan berbuah pahit maja. Seperti tak mampu kutelan kenyataan. Semuanya sepahit empedu.”
F.       Tema
Tema, yakni pokok utama atau gagasan yang terdapat pada cerita. Dan di dalam cerpen ini mengemukakan tema “romantika” sepertinya kasih yang tak pernah tersampoaikan karena ada suatu peristiwa yang membuat tokoh utama mengalami konflik batin. Seperti pada kutipan di bawah ini.

“‘Tiga hari lagi, tiba pernikahan kita. Dik Sri harus hati-hati…’ Mas Heru mengingatkan aku. ‘Jangan sampai…’
‘jangan sampai apa?’
‘Jangan sampai terjadi apa-apa dengan dirimu.’
‘Juga Mas Heru.’
‘Juga aku..”
G.     Amanat
Amanat, yakni seberupa pesan yang hendak disampaikan pengarang kepada pembaca dalam sebuah cerita. Seperti pada kutipan di bawah ini.

“Setiap orang harus mencari dan kemudian memilih. Dalam perkawinan, pilihan harus yang terakhir. Apakah yang pertama dan terutama, tetapi yang pasti, haruslah yang terakhir, dan hanya satu. Dari situ akan muncul suata kesatuan.”

II.                  Analisis Mimesis
Mimesis, merupakan jiplakan atau tiruan. Beragam pendapat orang mengenai mimesis tersebut. Akan tetapi sebuah karya sastra harus mempunyai tenaga untuk menciptakan kenyataan dalam sebuah fiksi. Meski sebuah cerita, tetapi keorisinalitasan sebuah kaya terletak pada bagaimana karya tersebut mampu menciptakan dunia yang sama dengan dunia nyata. Dengan demikian, konsep mimesis dapat dikatakan sebagai “roh’ dalam sebuah karya sastra. Seperti dalam cerpen “kenangan” karya Korrie Layun Rampan ini mengisahkan romantika yang sering terjadi pada dunia nyata. Dengan kata lain, cerpen ini mempunyai kekuatan untuk mencipta dunia khayal secara riil atau konkret.


III.                Pragmatik
Pragmatik, yakni pemakaian bahasa sebagai sarana kominikasi. Dan dalam linguistik, posisi pragmati merupakan salah satu tolok ukur untuk menelaah bahasa yang digunakan (speech event). Komunikasi dalam bahasa inilah yang memungkinkan terjadinya sebuah cerita. Dan dalam cerpen ini dialog-dialog pragmatis mendominasi (meski gaya bahasa Korrie Layun Rampan begitu mendominasi dengan metaphor-metafornya yang tulus) setiap tahapan-tahapan yang ada. Dengan demikian antaa gaya bahasa serta kepragmatisan berdiri salaing harmonis. Dan di situlah cerpen ini mempunyai ketepatan dalam bercerita sehingga pembaca seolah-olah dibuat menjasi “aku”. Seperti pada kutipan di bawah ini.

“Seperti api yang membakar tanah…’
‘Membakar tanah?’
‘Ya. Api yang membakar tanah yang telah dicetak menjadi bata. Batanya keras. Dibuat menjadi bahan membangun rumah.’
‘tempat bercinta?’
‘Ya, tempat bercinta. Melahirkan anak-anak dan generasi.”

Tampak pada kutipan tersebun tindak tutur antara Sri dan Mas Heru yang penuh filosofi kehidupan.

IV.                Pengarang
Pengarang cerpen “Kenangan” ini adalah Korrie Layun Rampan. Dari karya-karyanya yang ada terbukti dengan gaya bahasanya yang khas. Dengan metafora yang mudah dan sederhana namun menggairahkan. Boleh dibilang Korrie Layun Rampan seorang cerpenis yang kharismatik. Di dalam cerpen ini Korrie menempatkan dirinya sebagai persona pertama “aku”. Memang jalijnan ceritanya mudah dicerna, panta rei, mengalir apa adanya. Dengan gayanya yang “memukau” Korrie menonjolkan tokoh-tokohnya dengan keadaan yang konkret. Dan suasana kehidupan yang kerap laksana “badai prahara”. Akan tetapi, Korrie dengan cermatnya memotivasi lewat karyanya sehingga dapat memberikan cerminan pada kehidupan. Suka atau duka pun dilukiskan sebegitu membumi dengan gaya bahasanya. Sekali lagi perlu ditekankan di sini bahwa Korrie “gaya bahasanya” memukau.

V.                  Tiruan Alam
Dalam cerpen ini. Korrie berusaha melukiskan sebuah kisah “romantika” yang tak pernah ada penyelesaian. Ceritanya dibiarkan menggantung dan membuat rasa penasaran pembaca. Dan itulah cerpen yang bagus. Pembaca dibiarkan menjadi dewasa karena bisa menginterpretasikan jalan akhir pada sebuah cerita. Cerpen “Kenangan” ini Sri tak pernah mendapatkan apa yang ia harapkan. Mas heru yang bakal menjadi suaminya meninggal. Ditambah kedua orang tuanya menyusul. Di sini perasaan yang menjadi antagonis. Yakni perasaan Sri sendiri yang depresi karena menghadapi tekanan yang datang silih berganti. Cerita ini pun kerap ditemui di dalam kehidupan yang sesungguhnya. Dengan kata lain, universalnya di-mimesiskan Korrie dalam cerpen “Kenangan” ini.

VI.                Ekspresif
Dalam sebuah karya sastra (cerpen) ada unsur intrinsik. Dan ada pula unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik telah diterangjelaskan di atas. Tetapi di sini akan dicoba untuk menerangjelaskan unsur ekstrinsiknya cerpen “Kenangan” ini. Unsure ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra itu, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme dalam karya sastra. Bagaimanapun unsur ekstrinsik dapat mengisi kekosongan budaya dalam sebuah karya sastra. Dalam cerpen “Kenangan” ini, kondisi sosial serta psikologis yang membawa pembaca terhanyut dan bisa saja membuat pembaca berempati terhadap Sri selaku tokoh utama. Ketika keadaan yang disangka akan bahagia namun beujung kemalangan. Seperti pada peribahasa, “Hendak memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai.” Nah di sini kita dapat memetik pembelajaran bahwa bagaimanapun manusia berencana, pada akhirnya Tuhanlah yang menentukan.

***

Daftar Bacaan

Aminuddin. (2009). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Esten, Mursal. (1981). Sastra Indonesia dan Tradisi Subkultur. Bandung. Angkasa.
Keraf, G. (1984). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Layun Rampan, Korrie. (1991). Ratapan. Jakarta. Balai Pustaka.
Nurgiyantoro, Burhan. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.
Rani, A., Arifin, B. dan Martutik. (2004). Analisis Wacana. Malang: Bayumedia Publishing.
Suriasumantri, Jujun S. (2001). Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
Tarigan, Henry Guntur. (1984). Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung. Angkasa.

TUJUH HAIKU MENUNGGU

Ardi Mulyana H.

I.
sejam ni aku
menunggu kekasihku
dan langit biru

II.
panas mentari
memandikan diriku
yang lagi pilu

III.
di pinggir jalan
bebatu berserakan
ah itu aku

IV.
sampailah kapan?
sampai aku berumur
tua keladi

V.
lelah menanti
meski aku sendiri
rayuku tinggi

VI.
sepi merayu
meski dirundung ragu
ah, cah ayu

VII.
sudahlah lelah
menanti hujan basah
diriku payah

Garut, 2011

Tulisan Populer