Elok Budaya Sja'ir dalam Syair

pantun berseling dengan sja'ir



oleh Ardi Mulyana H.



I.

Nahas sekarang diliput hujan

berburu riak ke padang panjang

merayu aku dalam dekapan

bersatu mengarak dalam nusantara terbentang



II.

Pergi bersyair di dalam kenang

berkelahi dengan pantangan

tak mau aku berpulang

sebab dikau aku datang



III.

Asap pabrik berarak-arak

berjalan di langit yang rusak

aduh pun duhai suara serak

bagai mabuk oleh arak



IV.

Semlohai pujangga nusantara

di langit biru marcapada

semlohai pilu bagai asmara

aku tak tahu dikau tak cinta



V.

Aku sakit bukan berpenyakit

sebab sedikit aku berkulit

bukannya alam kian pelit

harga be be em kian sulit



VI.

Padang rumput padang safana

dikau cemberut ditalak cinta

jangan salah dalam berkata

karna bahasa menunjukkan bangsa



VII.

Mulyana Ardi aku namaku

dibalik-balik tetaplah aku

baik-baik dalam perilaku

biar silaturahmi terjaga selalu





ditulis di garut, 15 januari 2011





catatan: syair di atas terilhami oleh kupasan mendalam tentang sastera dari Dr. C. Hooykaas dalam Penjedar Sastera yang diterbitkan J. B. Wolters-Groningen, Djakarta-1952 kepada beliau, saya mengangkat topi. Sebab, ilmunya abadi.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulisan Populer