SAJAK PELURUH SUKMA

Oleh Ardi mulyana H.

ragaku bersalin dari sketsa gemerlap kasih sayang
membuka kancing-kancing dari laparnya hati
lantas, mengembaralah dalam kenangan akan permata yang telah hilang
o, sang rembulan, sekalah racau yang tak karuan itu
ke marilah rembulan, duduk di sampingku!

tahukah kau rembulan? “ku tlah kehilangan cinta yang terbawa arus duniawi”!
aku tak menyadari keranuman jiwa yang kulewatkan hari-hari itu
pun jualah aku memandanginya penuh kemesraan, jiwaku dan jiwanya seaakan melebur jadi satu,
ingatlah rembulan? Aku ingin engkau berjalan di atas lembaran kenangan antara aku dan dia, merajut suasana hening nan nyaman
kugenggam syahdunya, seakan kami tak ada beda
tahukah engkau rembulan? Matanya berbicara padaku seakan berbisik, “jangan pernah tinggalkan aku wahai pujangga cinta.”

salin waktu bertilam jaman, elok permata kian terkikis ketamakan hawa nafsu
diiris, dipahat, digerus tsunami perkasa kegelapan
seakan…..ah, aku tak kuat lagi memegang permata itu
tanganku wahai rembulan, pedih tersilet jiwa yang bergentayangan
ah….., aku tak sanggup lagi, terlepas dari genggamanku wahai rembulan!
permata hatiku digulung nafsu semata, hilang tak berbekas

tahukah, tubuhku hancur berderai, berserakan menjadi kepingan-kepingan kaku
laksana ceceran genting yang dipalu sang maestro cinta
lihatlah, nun jauh di sana, permata hatiku terdengar kembali berkilau
rembulan, tolong sampaikan padanya, “di sini aku merindukannya.”!

dengan lirih jiwaku berbisik, “janganlah engkau larut dalam masa lalumu, tataplah, masih banyak permata-permata yang begitu indah, merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu.”

namun, apa yang terjadi wahai rembulan, malaikat cinta berkata sangat mesra, “cintamu padanya takkan terburai oleh jaman, namun carilah cinta yang sama dengan cintamu padanya, lalu tampakkan pada semangat rindu hati yang akan menyambutmu, mengangkatmu menjadi raja di hatinya.”

“aku terbangun dari tidur, ternyata benar sekali, aku tak lebih dari seorang pemimpi.”



Garut, Februari 2010

0 komentar:

Posting Komentar

Tulisan Populer